Friday, August 31, 2018

Mengenal Pinjaman dengan Bunga Flat

Pernah berpikiran meminjam uang untuk melakukan modal usaha? Atau pernah meminjam uang di Bank atau Koperasi? Pastinya setiap pinjaman ini akan dikenakan bunga pinjaman. Biasanya Anda sebagai peminjam dapat memilih sendiri jenis bunga yang diinginkan atau terkadang pihak yang meminjamkan akan memberikan jenis bunga tergantung jenis pinjaman yang anda lakukan.

Ada beberapa jenis bunga yang mungkin sudah anda ketahui, yaitu:
  • Bunga flat (Fixed Rate Loan)
  • Bunga Efektif
  • Bunga Anuitas, dan masih ada lainnya lagi.

Di sini ModalKredit.com akan membahas mengenai fixed rate loan atau pinjaman dengan bunga tetap.

Sistem Bunga Flat

Bunga flat berarti perhitungan suku bunganya memiliki besaran yang mengacu pada pokok utang di awal. Sistem bunga flat ini biasanya diberikan kepada kredit barang-barang konsumsi atau saat anda menggunakan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Dengan sistem bunga flat ini porsi dan juga pokok dalam angsuran tetaplah sama. Anda dapat melihat contoh perhitungan untuk bunga flat seperti di bawah ini.

Katakan saja bahwa Anda mengajukan pinjaman dengan nilai sebesar Rp 200.000.000,- dengan bunga flat yaitu 5% pertahun. Tenor pinjaman yang diberikan memiliki jangka waktu 4 tahun.

Perhitungan: (Jumlah Pinjaman + (Jumlah Pinjaman x Suku Bunga Pertahun x Jangka Waktu (dalam tahun) ) / Jangka Waktu (dalam bulan)) = Angsuran bulanan (200.000.000 + (200.000.000 x 5% x 4)/48 bulan) = Angsuran bulanan (200.000.000 + 40.000.000)/48 bulan = Angsuran bulanan Rp 5.000.000,- = Angsuran Bulanan 
Dapat dikatakan bahwa dengan pinjaman Rp 200.000.000,- dengan suku bunga flat 5% dan tenor 4 tahun, maka angsuran yang perlu Anda bayarkan setiap bulannya adalah Rp 5.000.000,-
Dari semua perhitungan bunga, suku bunga flat adalah yang paling mudah. Selain itu karena bersifat flat maka tidak terpengaruh dengan suku bunga yang ditentukan oleh Bank Indonesia. Beruntungnya adalah ketika Anda mendapat suku bunga flat, maka ketika suku bunga naik, Anda tetap membayarkan suku bunga di angkat 5%. Tetapi hal ini juga berlaku ketika suku bunga turun, bukan berarti bayaran anda akan turun, tetapi pembayaran Anda perbulan tetap di angka tersebut karena tidak terpengaruh dengan suku bunga yang ditentukan oleh kondisi ekonomi negara yang ditentukan oleh pemerintah.

Jika dibandingkan dengan suku bunga lain, bunga ini menjadi salah satu yang paling banyak diambil oleh para peminjam. Para peminjam ini tentu saja telah memperkirakan kebutuhan dan kemampuan mereka membayarkan angsuran bulanan di angka yang telah mereka tentukan.

Banyak orang mengajukan pinjaman KTA untuk membeli barang mewah seperti mobil, atau pinjaman untuk membangun rumah atau pinjaman untuk modal usaha. Keuntungan KTA adalah bunga tetap yang tidak memberatkan Anda sebagai peminjam karena adanya bunga yang sering berubah seiring waktu. Walaupun bunga yang dimiliki oleh pinjaman ini tetap atau tidak berubah, bukan berarti Anda bisa santai membayarkan angsuran ini. Pembayaran angsuran haruslah dibayarkan setiap bulan sebelum tanggal jatuh tempo agar tidak membuat rating kredit anda jelek. Bisa-bisa anda tidak akan diperbolehkan untuk mengajukan pinjaman lagi di masa mendatang.

Lebih baik sisihkan selalu uang anda untuk dapat membayarkan angsuran yang menjadi prioritas utama anda. Pinjaman dengan bunga flat memang terkadang menggiurkan, tetapi gunakanlah selalu bujet kalkulator untuk mengatur jadwal pembayaran serta finansial anda. Dengan adanya pengaturan seperti ini, dijamin angsuran anda pun akan lancar dan dapat membantu anda untuk lebih fokus juga terhadap kebutuhan-kebutuhan lainnya. 

Salam bijak dalam pengelolaan Kredit.

0 comments: