Wednesday, March 1, 2017

Rincian Modal Usaha Pulsa Elektrik dan Keuntungannya


Perkembangan teknologi komunikasi sekarang ini berkembang sangat pesat. Dulu harga satu buah handphone berkisar puluhan juta rupiah. Namun kini telah diproduksi berbagai jenis ponsel dengan merk dan harga murah sekitar ratusan ribu rupiah terutama ponsel pintar dari negara China. Hal ini membuat harga telepon genggam sangat terjangkau. Dan setiap orang bisa memiliki satu buah handphone hingga lebih. Terbukti fenomena saat ini ada banyak orang yang memiliki ponsel lebih dari satu.

Sebuah ponsel tentu saja membutuhkan pulsa untuk mengoperasikannya. Misalnya untuk mengirim SMS, menelepon, akses internet dll. Hal ini menimbulkan peluang bisnis yang menjanjikan sekali dan menguntungkan yakni usaha berjualan pulsa elektrik. Bisnis ini mudah untuk dijalankan dengan modal kecil. Penulis pun sudah pernah merasakan melakukan bisnis penjualan pulsa elektrik. Dan terbukti usaha jualan pulsa elektrik sangat menguntungkan dan tak pernah rugi.

Hal ini membuat fenomena usaha berjualan pulsa elektrik marak di mana-mana. Di berbagai sudut kota, tempat, daerah, kota hingga desa ada banyak konter pulsa di pinggir jalan sampai gang kecil. Bahkan jarak antara satu gerai konter pulsa dengan gerai pulsa lainnya berdekatan kurang dari 10 meter. Dan semua usaha pulsa elektrik tersebut laris manis. Disebabkan pangsa yang besar. Di antaranya hampir setiap orang membutuhkan pulsa untuk menjalankan ponsel mereka. 

Usaha Jual Pulsa di Rumah

Dayagunakan rumah anda sebagai penghasil uang dengan cara membuka usaha jual pulsa elektrik di depan rumah. Apabila letak rumah sobat berada di tengah perumahan warga dan berada di pinggir jalan yang ramai lalu lintas kendaraan bermotor dapat membuka usaha jualan pulsa elektrik beserta aksesoris handphone di depan rumah. Hanya merenovasi sedikit tampilan depan rumah.

Penulis melihat ada seorang pemuda pengangguran yang tak diterima bekerja di perusahaan manapun. Sedangkan ia telah berumahtangga yang harus memberi nafkah bagi anak isteri. Diantara kegalauan itu, tercetuslah ide bisnis untuk buka usaha berjualan pulsa elektrik yang disampingnya usaha toko sembako kelontongan di depan rumah. Ternyata usaha pulsa elektrik dan toko kelontongan miliknya laris manis dibeli para pembeli dari luar dan penduduk sekitar.

Keuntungan bisnis pulsa elektrik lumayan besar melebihi gaji seorang PNS. Sehingga ia dapat membeli sepeda motor terbaru yang mewah, mobil mewah dan membangun rumah baru. Hal ini jelas karena konter usaha jual pulsa elektrik dan toko sembako berada di depan sekolah SD dan SMP, dekat dengan Kantor KUA dan puskesmas. Anak sekolah dan karyawan menjadi pangsa pasar utama dari bisnisnya.

Cara bisnis jualan pulsa elektrik sangat mudah baik melalui m-kios atau all operator. Untuk cara menjual pulsa elektrik termurah bagi pemula bisa langsung membeli pulsa ke provider langsung. Misalnya XL, Telkomsel, Indosat dll. Keuntungan usaha pulsa elektrik termasuk pasif income. Dimana uang akan mengalir ke kantong walau kita tidur.

Rincian Modal Usaha Pulsa Elektrik

Apabila anda berminat membuka usaha berjualan pulsa elektrik harus mempersiapkan modal usaha terlebih dahulu. Berikut ini rincian modal usaha pulsa elektrik hingga siap buka, antara lain:

1. Sewa Lokasi Usaha

Hal ini merupakan hal paling penting dalam kesuksesan bisnis jualan pulsa elektrik. Pilihlah tempat konter pulsa yang strategis. Seperti di pinggir jalan yang ramai oleh lalu lintas kendaraan bermotor, dekat pasar, dekat perumahan, sekitar mall dan pusat belanja, dekat keramaian orang, di area pusat perkantoran dll. Dengan demikian, usaha pulsa elektrik sobat akan mudah dikenali banyak orang. Dan jika mereka membutuhkan pulsa maka mereka akan mendatangi konter pulsa sobat. Sewa lokasi usaha di tempat strategis biasanya membutuhkan modal usaha sebesar Rp 6 juta per tahun.

2. Etalase

Fungsi etalase untuk menata barang-barang aksesoris ponsel, kartu voucher, kartu sim, kumpulan ponsel terbaru yang hendak dijual dll. Sehingga konter pulsa tampak indah dan menawan. Hal ini bisa membuat penjualan pulsa elektrik laris manis. Pilihlah etalase yang besar, mewah dan memikat. Harga etalase untuk usaha pulsa sekitar Rp 3 juta.

3. Kartu Perdana

Voucher pulsa sangat dibutuhkan orang yang hendak membeli kartu baru untuk ponsel yang barusan dibeli. Usaha jualan kartu perdana maupun aksesoris ponsel hanya sebagai pelengkap bisnis pulsa elektrik. Sehingga toko konter pulsa anda tampak lebih lengkap. Hal ini membuat konsumen tertarik membeli pulsa di lokasi sobat. Modal usaha membeli kartu perdana dan aksesoris handphone lainnya bisa dimulai dari harga Rp 300 ribu.

4. Deposit pulsa

Hal ini merupakan modal usaha utama dalam bisnis pulsa elektrik. Penulis pernah memulai usaha pulsa elektrik dengan modal awal deposit sebesar Rp 50 ribu. Itu modal awal jual pulsa yang paling kecil. Sobat bisa memilih jumlah deposit yang lebih besar dari itu agar keuntungan bisnis pulsa semakin bertambah besar. Misalnya Rp 300 ribu.

5. Sarana Promosi

Salah satu faktor yang menentukan kesuksesan usaha jual pulsa elektrik di rumah atau di tempat strategis adalah sarana promosi. Hal ini dilakukan agar orang yang lewat mengetahui bisnis pulsa termurah yang anda jalankan sendiri. Setelah mendapatkan satu konsumen akan membuat bertambah banyak pelanggan. Sarana promosi seperti spanduk, sticker, banner, pamflet, brosur, dll. Harga membuat brosur, sticker atau spanduk sekitar Rp 200 ribu.

6. Sarana pendukung

Modal usaha jual pulsa berikutnya sebagai alat pendukung yakni kursi plastic maupun meja. Untuk menghemat biaya usaha, anda bisa menggunakan kursi plastik dan meja di rumah sebagai modal awal jualan pulsa. Setelah usaha pulsa elektrik berkembang, anda bisa membeli meja dan kursi yang lebih baik dan bagus. Harga kursi plastik maupun meja di pasaran sekitar Rp 500 ribu.

7. Biaya Transaksi

untuk mengirim pulsa setiap melakukan transaksi. Estimasi sekitar Rp 90 ribu perbulan.

8. Biaya Listrik

anggap bulanan sekitar Rp 150 ribu atau sudah digabung dengan listrik rumahan.

9. Gaji Pegawai

anggap anda memiliki sebanyak dua orang sekitar Rp 1,4 juta.

10. Biaya tak terduga Rp 60 ribu

Jadi modal usaha jual pulsa elektrik yang harus dipersiapkan sebesar Rp 12 juta.
Baca juga: Pengertian Modal

Keuntungan Usaha Pulsa

Keuntungan usaha jual pulsa elektrik sangat banyak. Tak mungkin penulis uraikan satu persatu. Secara garis besar, keuntungan bisnis pulsa adalah:

1. Modal kecil

Untuk memulai usaha terkadang terbentur pada permasalahan modal. Sebab modal usaha yang dibutuhkan lumayan besar. Namun bisnis jualan pulsa sangat berbeda. Bisnis ini bisa diawali dengan modal kecil sebesar Rp 50 ribu untuk deposit saldo dan satu buah handphone Sehingga jenis bisnis jual pulsa termasuk usaha modal kecil yang cukup menjanjikan. Yang dapat ditekuni oleh karyawan, ibu rumahtangga, pelajar, mahasiswa dan lain sebagainya sebagai bisnis sampingan dan utama

2. Tak memerlukan tempat yang luas dan khusus

Dengan ruangan kecil bahkan tanpa ruangan pun, bisnis jual pulsa elektrik bisa dijalankan dengan baik. Jika anda telah mempunyai sebuah usaha warung atau toko maka Anda bisa melengkapinya dengan membuka usaha jual pulsa sebagai kombinasi. Cukup pasang kertas bertuliskan Jual Pulsa Termurah. Sehingga bisnis berjualan pulsa dapat dilakukan secara mobile, keliling tanpa membutuhkan ruangan.

3. Tak mudah basi

Usaha jualan pulsa elektrik termasuk usaha menguntungkan dan tak pernah rugi. Sebab produk yang dijual berupa pulsa tak akan pernah basi. Ia akan ada terus dalam bentuk saldo pulsa.

4. Pasar Sangat Luas

Silahkan anda cek sendiri berapa orang yang tidak memiliki handphone? Semua orang di abad modern sekarang sudah mempunyai satu unit ponsel bahkan lebih dari satu. Dari kalangan anak-anak sekolah dasar, SMP, SMA, mahasiswa hingga orang dewasa dan lanjut usia mempunyai satu unit smartphone untuk sarana komunikasi saat ini. Hal ini wajar karena harga handphone pintar sudah sangat murah dan terjangkau terutama keluaran provider China. Sehingga setiap orang dapat memilikinya. Untuk memfungsikan handphone sebagai sarana komunikasi diperlukan pulsa. Beragam jumlah pulsa yang bisa diisi oleh pengguna hp dimulai dari Rp 5000 sampai Rp 100 ribu. Dalam satu bulan seseorang bisa membeli pulsa hingga beberapa kali. Tentu pangsa pasar bisnis jual pulsa inilah yang membuatnya sangat luas sebagai salah satu jenis usaha menjanjikan.

5. Sarana promosi

Promosi sangat mudah dilakukan. Misalnya menggunakan cara sms, spanduk, BBM, instagram, mulut ke mulut, media sosial, dll
Baca juga: Perbedaan Utang Produktif dan Utang Konsumtif

Kisah Pengusaha Sukses Berjualan Pulsa

Salah seorang teman kuliah di Universitas Islam Bandung bernama Agus menekuni bisnis pulsa elektrik. Di sela-sela kuliah, ia menjalankan usaha jual pulsa di rumah dan di internet. Empat tahun kemudian, setelah kami lulus dari universitas jalan hidup masing-masing berbeda. Ada yang menekuni usaha jual sandal, bisnis jual beli sepeda motor, dan ada yang mencari pekerjaan di perusahaan bonafide, dan ada yang membuka usaha di rumah.
Adapun Agus rekan penulis termasuk lulusan civitas akademika yang membuka usaha jualan pulsa sendiri secara rumahan sejak kuliah. Sehingga ketika ia lulus tidak mencari pekerjaan empuk di sebuah perusahaan terkenal. Tapi ia terus mengembangkan bisnis jualan pulsa elektrik hingga mempunyai beberapa orang karyawan. Keuntungan dari bisnis jualan pulsa mampu membeli sepeda motor baru, mobil mewah dan rumah.
Hal ini menunjukkan betapa besarnya keuntungan dari usaha pulsa elektrik perharinya. Apalagi mempunyai downline atau pelanggan yang sangat banyak. Walaupun keuntungan kecil tapi transaksi penjualan sangat banyak membuat keuntungan bisnis pulsa elektrik sangat besar. Salah seorang pelaku usaha pulsa elektrik mampu meraup untung bersih hingga Rp 800 juta per bulan.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat membuka dan menambah wawasan kita.

Salam Sukses. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Rincian Modal Usaha Pulsa Elektrik dan Keuntungannya