Wednesday, February 22, 2017

Perbedaan Kartu Debit Dan Kartu Kredit

Pernah mendengar kata kartu kredit atau kartu debit? Tahukah anda bahwa Kartu Debit dan Kartu Kredit itu berbeda loh ! Apa perbedaan kartu debit dan kartu kredit? Selain berbeda, ada kelebihandan kekurangannya juga. Nah pada artikel ini, Kartu Debit dan Kartu Kredit akan dijelaskan dengan singkat dan mudah dimengerti. Mari silahkan disimak.

Kelebihan Kartu Debit

  1. Karena uang langsung dikurangkan dari rekening tabungan Anda, takkan ada masalah utang! Kartu debit sempurna untuk Anda yang selalu mendapati diri Anda konstan terbelit utang, mengingat Anda hanya bisa membelanjakan uang yang memang Anda miliki.
  2. Kartu debit mudah diperoleh. Biasanya Anda hanya perlu memiliki tabungan atau rekening lainnya dari bank. Takkan ada riwayat kredit yang dilacak!

Kekurangan Kartu Debit


  1. Walau sulit belanja melebihi batas karena uang yang tersimpan dalam rekening tabungan Anda-lah yang digunakan tiap kali Anda menggesek kartu, ada juga saat-saat di mana Anda mungkin menarik lebih banyak ketimbang yang ada di tabungan. Akibatnya, bank mengenakan biaya penarikan melampaui batas.
  2. Tidak seperti kartu kredit, kartu debit jarang memiliki penawaran dan pelayanan yang menjanjikan hadiah alias reward.
Dan kini kita berlanjut ke kartu kredit.

Kelebihan Kartu Kredit


  1. Kartu kredit memungkinkan Anda membelanjakan uang yang BELUM jadi milik Anda. Dengan kata lain, Anda bisa belanja kapan pun, di mana pun, selama total pembelanjaan di bawah plafon (batas) kredit Anda.
  2. Kartu kredit bisa memberikan riwayat kredit yang positif untuk Anda. Pelunasan tagihan kartu kredit tepat waktu memungkinkan Anda memperoleh suku bunga lebih baik untuk utang-utang lainnya.

Kekurangan Kartu Kredit


  1. Kartu kredit dikenai bunga. Menggunakan kartu kredit ibarat meminjam uang, dan ketika Anda menggunakan uang pinjaman, suku bunga tentunya dikenakan. Kalau tidak melunasi tagihan tepat waktu, bisa-bisa Anda membayar lebih banyak dari yang Anda kira untuk semua pembelanjaan itu.
  2. Anda menggunakan uang yang bukan milik Anda. Kalau tidak punya uang untuk melunasi utang kartu kredit itu di akhir bulan, ada risiko Anda mulai menimbun utang, dan bisa saja terpuruk dalam situasi keuangan yang buruk.
Setelah membaca artikel ini, jangan lupa share atau bagikan artikel ini di jejaring sosial yang anda miliki.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Perbedaan Kartu Debit Dan Kartu Kredit

0 comments: